Kotribusi media pembelajaran berbasis lingkungan dalam peningkatan hasil belajar pendidikan agama kristen

Authors

  • Arifin Hukunala Institut Agama Kristen Ambon, Indonesia
  • Christiana DW Sahertian Institut Agama Kristen Ambon, Indonesia
  • Denisa Luhuli Institut Agama Kristen Ambon, Indonesia

Abstract

Media pembelajaran berbasis lingkungan merupakan suatu media di mana lingkungan alam sekitar dijadikan sebagai media yang dapat digunakan oleh guru dan dapat diamati secara langsung oleh siswa, untuk kepentingan berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran berbasis lingkungan sangat mudah diperoleh serta mudah digunakan oleh guru dan siswa. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui kontribusi media pembelajaran berbasis lingkungan dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan agama Kristen di Sekolah Dasar. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian Tindakan kelas dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang sangat jauh ketika belajar menggnuakan media dengan belajar tanpa menggunakan media pembelajaran. yakni sebelum menggunakan media berbasis lingkungan, capaian nilai hasil belajar siswa rata-rata adalah rendah, namun setelah kagiatan belajar mengajar menggunakan media berbasis lingkungan capaian nilai hasil belajar siswa lebih tinggi. Penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan membuat siswa lebih senang dan bersemangat serta lebih termotivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dengan demikian dengan menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-12-18

How to Cite

Arifin Hukunala, Christiana DW Sahertian, & Denisa Luhuli. (2021). Kotribusi media pembelajaran berbasis lingkungan dalam peningkatan hasil belajar pendidikan agama kristen . Jurnal Ilmiah Mara Christy, 11(2), 78–93. Retrieved from http://jurnal.iaknambon.ac.id/index.php/MC/article/view/146

Issue

Section

Articles

Citation Check