Kotribusi media pembelajaran berbasis lingkungan dalam peningkatan hasil belajar pendidikan agama kristen
Abstract
Media pembelajaran berbasis lingkungan merupakan suatu media di mana lingkungan alam sekitar dijadikan sebagai media yang dapat digunakan oleh guru dan dapat diamati secara langsung oleh siswa, untuk kepentingan berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran berbasis lingkungan sangat mudah diperoleh serta mudah digunakan oleh guru dan siswa. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui kontribusi media pembelajaran berbasis lingkungan dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan agama Kristen di Sekolah Dasar. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian Tindakan kelas dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang sangat jauh ketika belajar menggnuakan media dengan belajar tanpa menggunakan media pembelajaran. yakni sebelum menggunakan media berbasis lingkungan, capaian nilai hasil belajar siswa rata-rata adalah rendah, namun setelah kagiatan belajar mengajar menggunakan media berbasis lingkungan capaian nilai hasil belajar siswa lebih tinggi. Penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan membuat siswa lebih senang dan bersemangat serta lebih termotivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dengan demikian dengan menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.