Analisis peran orang tua dalam meningkakan motivasi dan prestasi belajar anak usia 6 sampai 12 tahun pada masa pandemi covid 19: studi kasus di jemaat GPM Tial
Abstract
Penelitian ini mengkaji keterlibatan aktif orang tua dalam memberi motivasi bagi peningkatan prestasi belajar anak selama masa pandemi covid 19. Dampak adanya Pandemi covid 19 yang sementara berlangsung sangat berpengaruh pada seluruh aspek hidup manusia di dunia maupun di Indonesia, salah satunya yaitu aspek pendidikan. Realitas pembelajaran pada masa pandemi covid 19 menunjukkan bahwa oleh karena kondisi yang tidak lagi dapat dicegah, maka proses pendidikan dialihkan di dari pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka di sekolah dialihkan ke rumah. Persoalan ini turut dialami di Jemaat Tial. Adanya perubahan cara belajar ini membutuhkan peranan dan kesiapan semua unsur, termasuk orang tua. Namun yang terjadi ialah orang tua kurang berperan dalam proses belajar anak di situasi pandemi saat ini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan menurut Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.