Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

ARTIKEL

Artikel ilmiah ialah karya tulis yang memuat pendapat atau analisis terhadap suatu fakta, ilmu atau hasil refleksi seseorang yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati. Artikel ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa, dosen, pustakawan, peneliti dan penulis lainnya dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan, hasil pemikiran dan kajian pustaka atau hasil pengembangan projek.

Artikel ilmiah ini disusun dengan persyaratan : a) panjangnya 10 – 20 lembar kuarto, b)ukuran margin atas 3, bawah 3, kiri 4 dan kanan 3, c) spasinya ganda, d) huruf (font) Times New Roman 12

ISI DAN SISTEMATIKA

Penulisan artikel menggunakan sistematika tanpa angka atau pun abjad

  1. 1. Judul : Judul artikel hendaknya informatif, lengkap, tidak terlalu panjang atau pendek, yaitu 5-15 kata. Judul artikel memuat variabel-variabel yang diteliti atau kata kunci yang menggambarkan masalah yang diteliti. Judul ditulis dengan Bahasa Indonesia
  2. Nama Penulis : Nama Penulis artikel ditulis tanpa disertai gelar akademik atau gelar lain apapun. Afiliasi
  3. Abstrak dan Kata Kunci : Abstrak berisikan pernyataan ringkas dan padat tentang ide-ide yang paling penting.Abstrak memuat masalah dan tujuan penelitian, prosedur penelitian (untuk penelitian kualitatif termasuk diskripsi dan subjek yang diteliti) dan ringkasan hasil penelitian (bila dianggap perlu, juga kesimpulan dan implikasi). Tekanan diberikan pada hasil penelitian. Hal-hal lain seperti hipotesis, pembahasan dan saran tidak disajikan. Abstrak hendaknya ditulis dalam bahasa Inggris. Panjang Abstrak 25-100 kata dan ditulis dalam satu paragraf. Abstrak diketik dengan spasi tunggal dengan menggunakan format yang lebih sempit dari teks utama (margin kanan dan kiri menjorok 1,5 cm). Kata kunci adalah konsep inti yang menggambarkan masalah yang diteliti atau istilah-istilah yang merupakan dasar pikiran, gagasan dalam karangan asli, berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata kunci sekitar 3-5 buah. Kata kunci diperlukan untuk komputerisasi sistem informasi ilmiah. Dengan kata kunci dapat ditemukan judul-judul penelitian beserta abstraknya dengan mudah.
  4. Pendahuluan : Bagian ini menyajikan kejian pustaka (landasan teori) yang berisi paling sedikit tiga gagasan : Latar Belakang Masalah atau rasional penelitian, Masalah dan wawasan rencana pemecahan masalah, Rumusan tujuan penelitian dan harapan tentang manfaat hasil penelitian. Dalam kajian pustaka ini, harus disertai rujukan yang bisa dijamin otoritas penulisannya. Jumlah rujukan harus proporsional (tidak terlalu sedikit atau tidak terlalu banyak). Pembahasan kepustakaan harus disajikan secara ringkas, padat dan langsung mengenai masalah yang diteliti. Aspek yang dibahas dapat mencakup landasan teorinya, segi historisnya atau segi lainnya. Penyajian latar belakang atau rasional penelitian, hendaknya sedemikian rupa sehingga mengarahkan pembaca ke rumusan masalah penelitian yang dilengkapi dengan rencana pemecahan masalah dan akhirnya perumusan masalah penelitian ke rumusan tujuan penelitian. Untuk peneletian kualitatif, di bagian ini dijelaskan juga fokus penelitian dan uraian konsep yang berkaitan dengan fokus penelitian.
  5. Metode Penelitian :  Bagian ini menjelaskan prosedur penelitian. Bagaimana data dikumpulkan, siapa sumber data, dan bagaimana data dianalisis. Apabila uraian disajikan dalam sub bagian, maka sub bagian itu antara lain berisikan keterangan tentang populasi dan sampel (atau subjek), instrumen pengumpulan data, rancangan penelitian dan teknik analisis data. Untuk penelitian kualitatif  perlu ditambahkan penjelasan tentang kehadiran peneliti, lama penelitian  dan validitas data.
  6. Hasil dan Pembahasan : Ini adalah bagian utama artikel ilmiah. Berisikan laporan tentang hasil analisis data dan pengujian hipotesis. Dapat dalam bentuk tabel atau grafik tetapi harus dibahas atau diberikan komentar. Apabila hasil yang disajikan cukup panjang, hendaknya dipilah dalam sub bagian sesuai dengan penjabaran masalah penelitian. Untuk penelitian kualitatif, bagian hasil berisikan sub topik/tema yang berkaitan langsung dengan fokus penelitian. Tujuan bagian pembahasan adalah : a)Menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai ; b)Menafsirkan temuan-temuan ; c) Menginterpretasikan temuan penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah mapan, dan d) Menyusun teori baru atau memodifikasi teori yang ada.
  7. Kesimpulan dan Saran : Kesimpulan merupakan ringkasan dari hasil dan pembahasan. Saran disusun berdasarkan kesimpulan yang telah ditarik. Saran-saran bisa mengacu pada tindakan praktis, atau pengembangan teoritis dan penelitian lanjutan
  8. DAFTAR PUSTAKA : Bagian ini berisi semua kutipan atau teori yang dirujuk dalam artikel. Beberapa contoh cara penulisan daftar rujukan : 

Anastasi, A. 1968. Psychological Testing (4th ed). New York : Macmillian Publishing Co.Inc.

Ardhana, W. 1983.Kesanggupan Berpikir Formal A La Piaget dan Kemajuan Belajar di Sekolah. Tesis.tidak terbit. Malang : Fakultas Pascasarjana IKIP Malang

De Porter B. 2000, Quantum Learning, Bandung, Mizan Media Utama

Blackmore, J.1996. Learning-styles, Dikutip dari : http//granite.cyg.net/-jblackmo/digtib/styl-a.htm  diakses tgl 20/11/2002

Degeng, I.N.S. 1994, Strategi Pembelajaran, Jurnal Sumber Belajar Malang, PSB, IKIP Malang.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.