Relevansi pendidikan humanis Paulo Freire dengan pendidikan agama kristen jenjang sekolah menengah atas

Authors

  • Juanda Manullang Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Maluku, Indonesia

Keywords:

Pendidikan, Pendidikan Humanis, Paulo Freire, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Paulo Freire adalah salah satu tokoh yang tampil dengan konsep pendidikan humanisnya. Penelitian ini hendak melihat unsur-unsur sosial kemanusiaan serta isu-isu kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep pendidikan humanis menurut Paulo Freire serta mengungkap relevansinya dengan Pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan Library Research (penelitian kepustakaan). Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode dokumenter, yaitu mencari dan mengumpulkan data mengenai variabel penelitian berupa buku-buku karangan Paulo Freire dan konsep Pendidikan Agama Kristen. Kemudian untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisis isi (Content Analysis). Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan adalah; (1) pendidikan semestinya menjadi kendaraan revolusioner untuk membantu manusia mencapai kesadaran kritis dan tujuan akhir pendidikan humanis yaitu membebaskan manusia dari belenggu penindasan sehingga memiliki kembali nilai kemanusiaan; (2) terdapat relevansi konsep pendidikan humanis Paulo Freire dengan Pendidikan Agama Kristen dalam hal peran peserta didik, kesadaran individu dan masyarakat, pendidikan berbasis realitas sosial, serta pendidikan dialogis menuju masyarakat toleran dan demokratis.

Downloads

Published

2023-08-24

How to Cite

Juanda Manullang. (2023). Relevansi pendidikan humanis Paulo Freire dengan pendidikan agama kristen jenjang sekolah menengah atas . Jurnal Ilmiah Mara Christy, 11(2), 69–77. Retrieved from https://jurnal.iaknambon.ac.id/index.php/MC/article/view/144

Issue

Section

Articles

Citation Check